Bahayanya Sering Menahan Buang Air Kecil | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Bahayanya Sering Menahan Buang Air Kecil
1/ 5
by

Bahayanya Sering Menahan Buang Air Kecil

Gambar yang menjelaskan tentang bahaya akibat menahan buang air kecil yang terlalu sering
"Bakteri yang terdapat pada urine (air kencing) akan berbahaya apabila masuk ke ginjal"
Dalam kandung kemih terdapat otot-otot yang menahan air (urin). Sehingga saat kandung kemih sudah penuh, maka otot akan memberikan sinyal untuk buang air kecil (berkemih/kencing). Saat inilah seseorang mesti membuang urin tersebut (buang air kecil).
Saat terlalu sibuk, seseorang sering menahan buang air kecil dengan alasan ‘tanggung’ atau “sebentar lagi’. Sebaiknya hal ini jangan terlalu sering dilakukan karena bisa menyebabkan efek yang tidak baik bagi tubuh.
Terlalu lama menahan buang air kecil maka saat dikeluarkan, urin jadi sedikit jumlahnya dan disertai rasa nyeri. Orang sering mengatakan situasi seperti ini disebut anyang-ayangan.
Dapat pula menyebabkan infeksi saluran kencing. Bakteri penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri yang berasal dari anus (rektum) yang dengan leluasa berpindah ke uretra (saluran kencing). Wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kencing karena secara anatomi, uretra wanita lebih pendek daripada lelaki.
Sekali dua kali menahan buang air kecil mungkin masih bisa dimaklumi. Tetapi kalau hal ini terlalu sering bahkan menjadi kebiasaan, akan berbahaya bagi tubuh. Air yang seharusnya keluar dan air yang masuk akan menumpuk di kandung kemih. Air (urin) yang menumpuk tersebut akan naik ke atas kembali menuju ginjal.
Hal ini berbahaya karena urin mengandung bakteri. Bakteri yang masuk ke ginjal bisa menyebabkan infeksi bahkan gagal ginjal. Oleh sebab itu disarankan untuk tidak terlalu sering menahan buang air kecil.

Sumber: 
dr Endarwati. 10 Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama. http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/10-bahaya-menahan-kencing-terlalu-lama. (diakses 9 Maret 2015)
Eva Erviana. Bahaya Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil. http://health.kompas.com/read/2014/10/09/110005923/Bahaya.Kebiasaan.Menahan.Buang.Air.Kecil. (diakses 9 Oktober 2014)
Firstrianisa Gustiawati. Begini Risikonya Jika Sering Menahan Kencing Terlalu Lama. http://health.detik.com/read/2014/10/01/194449/2707057/775/begini-risikonya-jika-sering-menahan-kencing-terlalu-lama. (diakses 1 Oktober 2014)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment