Mengapa Terserang Bisul | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Mengapa Terserang Bisul
1/ 5
by

Mengapa Terserang Bisul

Gambar yang menunjukkan Penyebab Timbulnya Bisul
Terserang bisul (bisulan) sangatlah tidak mengenakkan. Selain terasa nyeri, dapat pula akan menggangu aktifitas. Bisul (benjolan pada kulit yang berisi nanah) dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebabnya adalah infeksi dikarenakan bakteri (bakteri Staphylococcus aureus) yang memicu peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh) dan sekitarnya (kulit).
Bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat jaringan kulit akan mengeluarkan racun yang merusak dan membunuh sel-sel dalam jaringan kulit. Situasi ini akan menyebabkan infeksi, sehingga tubuh akan menambah jumlah sel darah putih untuk mengatasi racun dan mematikan bakteri tersebut. Sel kulit secara alamiah akan menutup racun dari bakteri tersebut agar tidak menyebar dengan membentuk dinding.
Pembentukan dinding ini yang menjadi bisul, didalamnya ada cairan nanah dan toksin (racun). Ada beberapa faktor pemicu yang dapat menyebabkan terjadinya bisul. Untuk itu kenalilah, supaya menghindari faktor tersebut agar tak terserang bisul.
Bakteri yang menyebabkan bisul akan sangat mudah berkembang pada luka apalagi luka yang penyembuhannya lambat. Itu sebabnya ketika luka, seperti lecet atau adanya lubang sehabis memencet jerawat, segeralah bersihkan dan obati.  Masuknya bakteri penyebab bisul bisa juga melalui pori-pori kulit yang melebar.
Pori-pori melebar akibat mencabut bulu / rambut dapat menjadi pemicu masuknya bakteri ke dalam rongga kulit. Apalagi ditambah gaya hidup tidak bersih atau berada dalam lingkungan yang kotor, tentu bisul akan mudah muncul. Maka untuk mencegah terserang bisul terapkanlah gaya hidup bersih, rajin mandi, bersihkan wajah dari debu juga minyak, dan menjaga lingkungan yang higienis.
Makanan yang berminyak, terlalu manis, mengandungan protein dan lemak yang tinggi seperti telur, susu juga dapat memicu munculnya bisul jika berlebihan mengkonsumsinya. Kelenjar minyak akan terproduksi sangat tinggi saat mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Hal inilah yang dapat menyebabkan bisulan juga jerawat.

Referensi:
Ana, 7 Penyebab Bisul di Tubuh Tanpa Disadari, https://halosehat.com/penyakit/bisul/penyebab-bisul, (diakses 20 Maret 2015)
Piny Put, Ketahui 4 Faktor Penyebab Penyakit Bisul Dapat Tumbuh, http://infomanfaatkhasiat.blogspot.co.id/2017/09/ketahui-faktor-penyebab-penyakit-bisul.html, (diakses 6 September 2017).

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment