Beras Hitam Merupakan Beras yang Istimewa | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beras Hitam Merupakan Beras yang Istimewa
1/ 5
by

Beras Hitam Merupakan Beras yang Istimewa

Gambar tentang beras hitam

       Beras hitam memiliki keunikan dan manfaat besar bagi kesehatan tubuh, hal inilah yang membuat beras hitam begitu istimewa. Beras ini berwarna hitam keunguan, terlihat seperti ketan hitam tetapi sesungguhnya berbeda. Sifat dan tekstur beras hitam lebih mirip dengan beras biasa dan jika beras hitam dipotong maka warna dalamnya bening, sedang ketan hitam dalamnya berwarna putih susu.
Warnanya yang kehitaman berasal dari senyawa antosianin, zat yang memberikan warna ungu (gelap) atau kemerahan pada buah atau tanaman. Tingkat zat antosianin pada beras hitam sangat tinggi, lebih tinggi dari beras merah sehingga warnanya menjadi gelap (hitam keunguan). Beras hitam memang disebut memiliki nilai kandungan gizi yang lebih tinggi dari beras merah, tidak mengherankan harga beras hitam lebih mahal.  
Tingginya kadar zat antosianin tersebut, membuat beras hitam memiliki sifat antioksidan kuat yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker / tumor. Antioksidan juga dapat berperan menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Karena dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, maka tubuh akan lebih bugar, kulit segar dan awet muda, jika rutin mengkonsumsi beras hitam.
Keistimewaan beras hitam lainnya adalah mengandung zat besi, mineral yang penting bagi tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Dengan rutin mengkonsumsi beras hitam, maka dipastikan akan terhindar dari penyakit anemia (kekurangan sel darah merah).  Beras hitam juga dapat dijadikan sebagai makanan sumber serat. Serat sangat penting untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol tetap baik, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan jantung.    

Referensi:
Chazizah Gusnita, 4 Kelebihan konsumsi beras hitam, https://www.merdeka.com/peristiwa/4-kelebihan-konsumsi-beras-hitam.html, (diakses 3 April 2014)
Karmin W, Beras Termahal di Dunia Dijual di Singapura, Harganya Bikin Menganga, https://news.trubus.id/post/beras-termahal-di-dunia-dijual-di-singapura-harganya-bikin-menganga-2603, (diakses 8 Oktober 2017)
Maspary, Inilah Fakta Tentang Beras Hitam, http://www.gerbangpertanian.com/2014/10/inilah-fakta-tentang-beras-hitam.html, (diakses 7 Oktober 2014).

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment