Tips Efektif Menjaga Kesehatan Hati | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tips Efektif Menjaga Kesehatan Hati
1/ 5
by

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Hati

“Hati atau liver merupakan salah satu organ yang vital bagi tubuh.”
Letak hati ada di rongga perut kanan bagian atas, tepat di bawah rusuk bagian kanan. Berwarna coklat dan beratnya sekitar 1,5 kilogram. Hati merupakan organ yang vital karena memiliki lebih dari 100 fungsi penting untuk keseimbangan dan memperlancar sistem metabolisme tubuh. Beberapa fungsi penting dari hati adalah sebagai pelindung tubuh, sebagai organ “mesin” proses detoksifikasi (pembuangan racun), pengatur kadar kolesterol dalam darah, dan pengolah vitamin.
Ketika kesehatan hati tidak dijaga dengan baik, maka akan muncul gangguan pada hati dan memicu masalah kesehatan. Tanda adanya gangguan pada hati adalah timbulnya penyakit yang menyerang organ hati seperti penyakit hepatitis, sirosis, kanker hati, dan abses hati. Itu sebabnya, hati perlu dijaga kesehatannya supaya organ hati tidak terserang penyakit. Berikut akan dijelaskan cara-cara efektif untuk menjaga kesehatan hati.
Cara yang pertama adalah mengatur pola makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat / bergizi yang baik untuk kesehatan hati seperti bawang putih, alpukat, jeruk,  sayuran hijau, teh hijau, dan kunyit. Kemudian usahakan jangan berlebihan mengkonsumsi minum beralkohol, makanan berlemak tinggi, dan makanan / minuman mengandung zat pewarna atau berpengawet, karena asupan yang demikian dapat membuat kinerja hati menjadi sangat berat dan merusak sel-sel pada organ hati.
Tips efektif selanjutnya agar organ hati tidak terganggu kesehatannya, yaitu dengan menjaga kebersihan diri, hindari stres, lingkungan kotor, dan udara yang berpolusi. Hal ini supaya hati terhindar dari beban (kerja) yang berlebihan. Melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat seperti berolahraga, memasak, jalan-jalan, berdansa, bermusik, serta bernyanyi juga bisa menghindari beban kerja yang berat pada hati.
Cara yang terakhir adalah dengan memenuhi kecukupan kebutuhan air putih bagi tubuh sekitar 2 liter per hari atau 8 gelas per hari. Air putih sangat membantu kinerja hati dalam melakukan proses detoksifkasi (pengeluaran zat racun). Kinerja hati menjadi lebih ringan jika asupan air putih cukup. Tubuh yang kadar zat racunnya sedikit atau bersih dari zat racun, memastikan organ hati dalam keadaan baik.

Referensi:
Imam Fahrudin, 10 Tips Menjaga Kesehatan Hati Anda, http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/06/10-tips-menjaga-kesehatan-hati-anda.html, (diakses 20 Juni 2015)
Linda Mayasari, 7 Makanan yang Membersihkan Hati Secara Alami, https://health.detik.com/read/2012/05/24/155954/1923984/766/7-makanan-yang-membersihkan-hati-secara-alami, (diakses 24 Mei 2015)
Nadila Mardatilla, 5 Hobi yang Menjaga Kesehatan Hati, https://lifestyle.kompas.com/read/2015/01/21/165604123/5.Hobi.yang.Menjaga.Kesehatan.Hati, (diakses 21 Januari 2015)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment