Beberapa Faktor Penyebab Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Faktor Penyebab Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh
1/ 5
by

Beberapa Faktor Penyebab Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh



Sistem kekebalan (ketahanan) tubuh atau sistem imun (imunitas) sangat penting untuk dijaga karena sistem imun merupakan pelindung tubuh dari gangguan kesehatan seperti serangan penyakit dan stamina yang buruk. Melemah atau menurunnya sistem kekebalan tubuh disebabkan beberapa faktor, baik dari eksternal atau internal tubuh. Mengenai faktor penyebab melemahnya sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk diketahui, supaya dapat melakukan tindakan pencegahan atau menghindarinya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh. 
Kurang istirahat dan sering begadang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Istirahat atau tidur merupakan waktu untuk merecharge energi (mengembalikan kekuatan) tubuh yang telah hilang terpakai setelah beraktivitas. Jika waktu beristirahat sangat sedikit maka bisa dipastikan tubuh menjadi lesu dan mudah lelah, tanda imunitas menurun.
Faktor selanjutnya yang membuat kekebalan tubuh menurun adalah sering tertekan atau stres. Saat stres atau tertekan maka hormon kebahagian akan hilang, padahal hormon kebahagian ini yang membentuk rasa semangat dan menimbulkan kekuatan bagi tubuh. Ketahanan tubuh akan terganggu dan melemah ketika sering tertekan atau stres, tubuh pun mudah terserang penyakit. Kemudian tidak rajin membersihkan diri atau sering berada di lingkungan yang kotor. Keadaan kotor maka tubuh mudah diserang kuman / bakteri yang dapat mengancam kesehatan dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.
Kurangnya atau berlebihan olahraga / aktivitas fisik juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan olahraga atau aktivitas fisik maka tubuh menjadi tidak bugar, karena otot-otot kurang bergerak dan tidak terlatih. Sedang berlebihan olahraga atau beraktivitas, maka tubuh akan terasa mudah letih. Suatu kondisi yang membuat tubuh lemas tidak bersemangat dan imunitas akan menurun.
Faktor  berikutnya adalah sering terkena paparan asap rokok, berlebihan merokok dan minum alkohol. Asap rokok dan alkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi zat racun. Zat racun tersebut membuat gangguan pada kinerja organ-organ tubuh sehingga proses metabolisme tubuh menjadi tidak optimal dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian kurang air putih juga merupakan faktor penyebab melemahnya sistem imun. Kurangnya konsumsi air putih membuat proses detoksifikasi tidak optimal. Efeknya zat racun menumpuk yang akan menimbulkan masalah pada proses metabolisme dan ketahanan tubuh.
Kekurangan nutrisi merupakan faktor terakhir yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh. Imunitas dipengaruhi oleh asupan nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan mineral zat besi, zinc, tembaga, dan selenium. Jika kekurangan asupan bernutrisi tersebut maka ketahanan tubuh akan melemah. Tetapi usahakan hindari makanan berkolesterol tinggi (berlemak). Makanan berkolesterol dan berlemak memicu gumpalan lemak pada darah yang dapat menyumbat pembuluh darah. Adanya gangguan pada sirkulasi peredaran darah,menyebabkan proses metabolisme tubuh tidak optimal juga gangguan pada sistem kekebalan tubuh.


Sumber :
Destriyana, 8 Penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh, https://www.merdeka.com/sehat/8-penyebab-lemahnya-sistem-kekebalan-tubuh.html, (diakses 9 Agustus 2012).Lidya Maharani, 11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun, http://www.kinisehat.com/2015/11/penyebab-kekebalan-tubuh-menurun.html, (diakses 27 November 2015)Lusia Kus Anna, Faktor yang Bikin Daya Tahan Tubuh Rendah, http://lifestyle.kompas.com/read/2016/05/03/190000523/Faktor.yang.Bikin.Daya.Tahan.Tubuh.Rendah, (diakses 3 Mei 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment