Waspadalah Penyakit Paru-Paru Basah | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Waspadalah Penyakit Paru-Paru Basah
1/ 5
by

Waspadalah Penyakit Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah atau dalam dunia medis disebut efusi pleura merupakan suatu kondisi kantung udara pada paru-paru penuh terendam cairan atau nanah. Penumpukan cairan atau nanah tersebut terjadi karena adanya peradangan pada paru-paru yang disebabkan penyakit TBC dan infeksi paru-paru (pneuomia) yang disebabkan kuman (jamur, bakteri dan virus).
Bisa pula terjadi karena mengidap kanker yang mengakibatkan peradangan pada paru-paru, mengidap gagal jantung, sirosis (fungsi hati yang buruk), emboli paru (penyumbatan pada arteri paru-pari), sakit ginjal yang parah, mengidap penyakit lupus, dan penyakit radang usus.
Sakit paru-paru basah dapat membahayakan apabila sudah dalam tahap yang parah. Itu sebabnya kewaspadaan dan penanganan secepatnya sangat diperlukan. Penyakit ini juga dapat menular apabila disebabkan mengidap penyakit TBC. Tetapi jika bukan disebabkan TBC, maka penyakit paru-paru basah tidak menular.
Gejala-gejala terserang sakit paru-paru basah adalah sulit bernafas (sesak) terutama pada saat berbaring, dada nyeri, demam, sakit kepala, dan batuk-batuk kadang mengeluarkan lendir berwarna kuning / hijau bahkan sampai mengeluarkan darah. Gejala lainnya yaitu batuk yang tak kunjung sembuh bahkan cenderung bertambah parah, merasa sering mual kadang bisa sampai muntah, keringat dingin, mudah lelah, dan nafsu makan berkurang.
Ada beberapa cara agar terhindar dari sakit paru-paru basah yaitu menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan, rajin minum air putih, jaga sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, jangan kekurangan istirahat / tidur, dan usahakan menghindari merokok (paparan asap rokok) juga minum alkohol. Tetapi jika dirasa telah mengidap paru-paru basah atau gejala-gejala sudah muncul maka segera konsultasikan ke dokter agar secepatnya bisa dilakukan penanganan.


Sumber:
Frengkys, Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru Basah, http://forum.liputan6.com/t/ciri-ciri-penyakit-paru-paru-basah/20113, (diakses 5 Februari 2016)
Novita Joseph, Sering Batuk dan Demam? Awas Gejala Paru-paru Basah, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/gejala-penyebab-paru-paru-basah/, (diakses 9 Oktober 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment