Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh
1/ 5
by

Manfaat Senam Aerobik Bagi Tubuh



“Senam aerobik merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.”
Senam aerobik adalah bentuk latihan fisik yang menggunakan otot lengan, kaki dan pinggul. Kata Aerobik berarti “dengan oksigen”, hal ini mengacu pada penggunaan oksigen dalam proses untuk memecah glukosa dan lemak menjadi energi melalui latihan fisik. Senam aerobik secara rutin memberi manfaat besar bagi kesehatan tubuh.
Penelitian menunjukan bahwa latihan aerobik teratur dapat membantu meningkatkan fungsi mental termasuk konsentrasi dan memori. Senam aerobik juga bisa membantu menghasilkan hormon kebahagiaan yang akan membuat orang menjadi lebih bergembira, jauh dari depresi/stres dan kecemasan.
Bagi wanita yang melakukan senam aerobik secara teratur bisa terhindar dari resiko terserang kanker payudara dan memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Rutin senam aerobik bermanfaat memperkuat otot, tulang dan sendi sehingga tubuh kelihatan lebih bugar juga segar. Latihan aerobik dengan teratur juga dapat meningkatkan penggunaan oksigen yang maksimum dan membuat tubuh tidak mudah merasa lelah.
Manfaat selanjutnya dari senam aerobik adalah memperkuat sitem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan meningkatkan kapasitas fungsional jantung yang menyehatkan jantung. Senam aerobik efektif membakar lemak dan membantu penurunan berat badan serta membantu menurunkan tekanan darah juga kolesterol jahat. Latihan aerobik yang konsisten dapat juga mengurangi penumpukan plak atau lemak di arteri (pembuluh darah) dan menurunkan risiko obesitas (kegemukan), kencing manis, diabetes serta mencegah penyakit jantung juga stroke.


Sumber:
Aditya Eka Prawira. Selain Bakar Lemak, Ini 6 Manfaat Lain dari Aerobik. http://health.liputan6.com/read/2282276/selain-bakar-lemak-ini-6-manfaat-lain-dari-aerobik?p=1. (diakses 30 Juli 2015)
dr Yuli. 15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan. http://manfaat.co.id/15-manfaat-senam-aerobik-bagi-kesehatan. (diakses 10 Oktober 2014)
Florencia Halim. 5 Manfaat Senam Aerobik Untuk Kesehatan Tubuhmu. https://blog.tokopedia.com/2015/10/5-manfaat-senam-aerobik-untuk-kesehatan-tubuhmu/. (diakses 7 Oktober 2015)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment