Manfaat Kesehatan Telur Puyuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Telur Puyuh
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Telur Puyuh



“Meski ukurannya kecil dan warna coraknya terlihat tak menarik, tapi siapa sangka telur puyuh memiliki banyak manfaat kesehatan.”

           Hal ini tidak terlepas dari kandungan telur puyuh yang kaya nutrisi. Beberapa kandungan pada telur puyuh yang berguna bagi tubuh yaitu protein, asam amino, vitamin A, B, kollin, mineral selenium berfungsi sebagai antioksidan, kemudian ada mineral zat besi, potasium, dan zinc. Berikut akan dijelaskan sejumlah manfaat kesehatan dari telur puyuh. Telur puyuh yang tinggi protein sangat baik sebagai sumber energi, menjaga stamina dan memelihara sistem ketahanan tubuh.

          Protein bermanfaat pula membentuk sel-sel / jaringan tubuh dan merawat kesehatan otot. Sedang bagi anak-anak protein berfungsi sebagai penunjang proses tumbuh kembang tubuh serta organ-organnya. Sedang dari kandungan mineral zat besi, telur puyuh berguna sebagai penjaga kesehatan dararh, membentuk sel-sel darah merah (hemoglobin), memelihara organ hati, dan mencegah anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah.

           Kemudian telur puyuh juga sangat bagus untuk memelihara kesehatan mata. Kandungan vitamin A pada telur puyuh efektif menjaga kesehatan penglihatan, mencegah penurunan kinerja penglihatan dan melindungi mata dari serangan penyakit seperti katarak. Lalu kandungan vitamin B-nya berguna memelihara kesehatan rambut, kulit, merawat penampilan, dan mencegah penuaan dini.


          Sedang kandungan zat kollin pada telur puyuh berkhasiat memperkuat kinerja otak, menjaga fungsi otak, merawat sel / jaringan otak, dan mempertajam daya ingat. Bagi anak-anak, telur puyuh efektif menunjang optimalisasi perkembangan otaknya. Dari kandungan zinc-nya, telur puyuh bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Kemudian zat potassiumnya berfungsi sebagai penjaga kesehatan tulang, gigi dan kuku. Bagi si kecil, potassium sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan gigi, kuku dan tulangnya.

         Telur puyuh yang mengandung asam amino, dapat membantu tubuh melancarkan proses detoksifikasi atau pembuangan (mengeluarkan) zat racun. Asam amino akan mengikat zat-zat racun yang masuk ke dalam tubuh, kemudian membuangnya. Khasiat terakhir dari telur puyuh adalah ampuh melindungi tubuh dari efek radikal bebas seperti kerusakan kulit atau kanker. Manfaat kesehatan ini diperoleh karena telur puyuh memiliki sifat antioksidan yang berasal dari kandungan zat selenium.


Catatan :
Walau telur puyuh memiliki banyak manfaat bukan berarti lalu mengkonsumsinya secara berlebihan, sebab segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Konsumsilah telur puyuh secukupnya saja, tak perlu terlalu banyak.


Sumber:
Silfa Humairah Utami, Manfaat Makan Telur Puyuh, Banyak Kandungan Nutrisinya Lho, https://www.suara.com/health/2018/12/28/120500/manfaat-makan-telur-puyuh-banyak-kandungan-nutrisinya-lho, (diakses 28 Desember 2018)

Sulung Lahitani, 9 Manfaat Telur Puyuh yang Luar Biasa Bagi Tubuh, https://www.liputan6.com/citizen6/read/2394331/9-manfaat-telur-puyuh-yang-luar-biasa-bagi-tubuh?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F, (diakses 20 Desember 2015)

Tania Stephanie, 7 Manfaat Telur Puyuh untuk si Kecil, Nggak Bikin Alergi Ma!, https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/tania-stephanie/manfaat-telur-puyuh-untuk-si-kecil/full, (diakses 10 Mei 2019)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment