Manfaat Kesehatan Daun Kemangi | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Daun Kemangi
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Daun Kemangi


Daun kemangi sudah tidak asing bagi masyarakat kita, karena daun yang beraroma wangi ini sering digunakan sebagai makanan lalapan. Selain beraroma wangi, ketika dikonsumsi sebagai lalapan juga terasa lembut dan enak. Dibalik fungsinya yang sebagai makanan lalapan, ternyata daun kemangi ini dapat memberi manfaat kesehatan yaitu, menjaga kebugaran tubuh dan kesegaran kulit. Kebaikan bagi kesehatan tubuh ini tidak terlepas dari kandungan vitamin A, K, flavonoid polifenol, sitrat, terpinol, limonene, zat besi, betakaroten, dan kalium pada daun kemangi.       
Ada 3 cara untuk memperoleh khasiat daun kemangi, yaitu mengkonsumsinya langsung, merebusnya dengan secukup air kemudian minum air rebusannya dan dijadikan masker guna merawat kulit. Dari kandungan senyawa seperti terpineol dan limonene, daun kemangi berfungsi sebagai antiinflamasi dan antibakteri, sedangkan senyawa flavonoid polifenolnya berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga rutin mengkonsumsi daun kemangi akan terhindar dari peradangan, darah tinggi, stroke, sakit jantung, dan (penyakit) pengaruh efek negatif dari radikal bebas. 
Vitamin K yang terkandung pada daun kemangi dapat membantu perkembangan tulang, menjaga kesehatan tulang, membuat tulang lebih kuat dan mencegah osteoporosis (kerapuhan tulang). Sedangkan vitamin A daun kemangi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan zat besinya berfungsi menjadi komponen pembentuk hemoglobin pada sel darah merah, sehingga sangat baik untuk merawat darah, optimalisasi sistem peredaran darah, dan menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi juga bermanfaat untuk meredakan demam, masuk angin, dan batuk.
Selain manfaat yang telah dijelaskan, daun kemangi juga bagus guna membuat kulit supaya lebih segar, melindungi kesehatan kulit dari efek negatif radikal bebas dan menghilangkan bau badan. Sifat antioksidan daun kemangi efektif dapat menjadikan kulit lebih sehat/segar dan bercahaya. Kulit kusam atau rusak/sakit karena debu, kotoran dari udara/asap (efek radikal bebas), noda bekas luka atau sisa jerawat dapat dihilangkan dengan daun kemangi. Cara yang efektif merawat kulit dengan daun kemangi adalah dengan membuat daun kemangi sebagai masker.   


Referensi:

Muslihat Taufiq, 15+ Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Dan Kesuburan, http://ilmukesehatan.info/manfaat-daun-kemangi/, (diakses 21 Mei 2016)

Syifa Fauziah, 6 Manfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit, sederhana tapi penting, https://www.brilio.net/kesehatan/6-manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-kulit-sederhana-tapi-penting-170424f.html, (diakses 24 April 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment