Khasiat Mentimun | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Mentimun
1/ 5
by

Khasiat Mentimun




        Timun adalah tanaman yang termasuk suku labu-labuan atau
cucbitaceae, berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India utara. Tekstur timun dengan kualitas bagus akan terasa padat saat ditekan dan warnanya hijau terang. Rasanya yang segar, membuat mentimun sering digunakan sebagai lalapan dan pelengkap menu masakan atau dibuat jus. 
Walau keliatannya biasa saja juga harganya relatif murah, tetapi ternyata timun memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan tubuh.Dari serat juga kandungan airnya, timun sangat berguna untuk mempelancar pencernaan serta mengatasi gangguan seperti maag dan radang perut.  Serat dan kandungan air pada mentimun juga efektif dalam membantu tubuh menghilangkan zat racun, menjaga kesehatan ginjal, merawat kandung kemih, mengontrol tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar gula juga kadar kolesterol.
Kandungan air, serat serta sifatnya yang segar menjadikan timun efektif pula dalam menjaga kesehatan mulut, gigi juga gusi. Serat, kandungan air dan sifat timun yang segar sangat ampuh dalam mencegah masalah peradangan gusi serta menetralisir asam juga bau dalam rongga mulut. Manfaat kesehatan timun selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan mata, dari kandungan vitamin A-nya. Dari kandungan polifenol yang disebut lignan dan fitonutrien, mentimun berfungsi dalam mencegah tumbuhnya sel kanker. Sedang dari nutrisinya, timun dapat membantu mensukseskan program diet (menurunkan berat badan).
Khasiat terakhir dari mentimun yaitu bagus untuk perawatan kulit. Vitamin E, mineral magnesium, kalium dan silikon pada mentimun berguna untuk mencegah penuaan dini, melawan efek buruk pada kulit dari radikal bebas, membuat kulit nampak segar dan bersinar. Cara mendapatkan manfaat timun untuk kesehatan kulit bisa dengan menjadikannya sebagai masker kulit.

Referensi:
Irene Anindyaputri, 7 Alasan Kenapa Anda Harus Rutin Minum Air Timun, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/khasiat-air-timun/, (diakses 20 Januari 2017)
Nell Syukur, 10 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, http://rubik.okezone.com/read/24749/10-manfaat-mentimun-untuk-kesehatan, (diakses 25 Februari 2016)
Rohmitriasih, Konsumsi Buah Mentimun Setiap Hari, Manfaatnya Mengagumkan, https://www.vemale.com/kesehatan/101775-konsumsi-buah-mentimun-setiap-hari-manfaatnya-mengagumkan.html, (diakses 13 Februari 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment