Tanda-Tanda Bila Tubuh Kelebihan Zat Besi | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tanda-Tanda Bila Tubuh Kelebihan Zat Besi
1/ 5
by

Tanda-Tanda Bila Tubuh Kelebihan Zat Besi




“Zat besi adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh.”

Zat besi berfungsi menghantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh organ melalui darah. Itu sebabnya kecukupan zat besi menjadi penting. Apabila kekurangan zat besi akan menyebabkan bahaya anemia atau penyakit gangguan pada darah berupa kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.
Tetapi kelebihan zat besi juga tidak baik bagi tubuh. Kelebihan zat besi sendiri, bisa disebabkan karena faktor dari dalam dan dari luar. Faktor dari dalam disebabkan genetik atau turunan. Penyakit tubuh yang kelebihan zat besi karena faktor turunan disebut Hemokromatosis / haemochromatosis (HHC).
Sedang kelebihan zat besi karena faktor dari luar biasanya disebabkan melalui proses tranfusi darah dan terlalu banyak / keseringan mengkonsumsi suplemen zat besi atau panganan yang mengandung zat besi.  Berikut akan dijelaskan beberapa tanda atau masalah kesehatan yang muncul ketika pada tubuh terdapat zat besi yang berlebihan.
Tanda pertama ketika tubuh terdapat zat besi yang berlebihan adalah mudah terasa lemah dan tak bergairah. Kelebihan zat besi dapat mengganggu proses metabolisme tubuh, akibatnya metabolisme tak optimal efeknya stamina menurun dan merasa sering letih. Bagi orang dewasa, situasi ini juga dapat menyebabkan menurunkan gairah seks (libido).
Tanda selanjutnya yaitu terjadi masalah pada organ hati bahkan penyakit hati. Zat besi yang berlebihan akan menumpuk di organ hati, akibatnya hati atau liver akan bekerja sangat keras untuk mengurai efeknya dapat memicu penyakit pada hati. Dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan bahkan kanker hati.
Setelah menganggu organ hati, maka dampak zat besi berlebih akan berakumulasi di organ jantung. Efeknya dapat menyebabkan masalah / kelainan jantung, hal terburuknya menimbulkan resiko sakit jantung. Kemudian sakit atau nyeri pada sendi, warna kulit menjadi gelap (keabuan) dan resiko diabetes dapat terjadi bila tubuh berlebih terdapat zat besi. Darah yang mengandung zat besi berlebih akan membuat kulit menjadi keabuan. Zat besi juga memicu pertumbuhan produski insulin yang menyebabkan munculnya diabetes.
Tanda terakhir dari berlebihnya zat besi pada tubuh adalah menimbulkan sakit pada ginjal. Zat besi yang berlebih / menumpuk membuat proses penyaringan pada ginjal menjadi sangat berat. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Ada baiknya kebutuhan air putih 8 gelas perhari untuk membantu meperingan kerja ginjal. Dan jika tanda-tanda yang disebutkan muncul, ada baiknya kunjungi dokter untuk memeriksakan diri dan tes darah, supaya terdeteksi masalah kesehatannya agar segera bisa melakukan tindakan pemulihan.



Sumber:
Bee, Tanda Terlalu Banyak Zat Besi, https://www.vemale.com/kesehatan/36702-tanda-terlalu-banyak-zat-besi.html, (diakses 26 September 2013)

Dr. Dina Kusumawardhani, Apa yang Terjadi Bila Tubuh Kelebihan Zat Besi?, https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2701074/apa-yang-terjadi-bila-tubuh-kelebihan-zat-besi, (diakses 5 Oktober 2016)
Friska AD, 7 Bahaya Kelebihan Zat Besi Pada Anak Yang Harus Dihindari, https://dokteranak.org/bahaya-kelebihan-zat-besi-pada-anak, (diakses 12 Februari 2018)

  

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment