Bahaya Kesehatan Jika Keseringan Marah | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Bahaya Kesehatan Jika Keseringan Marah
1/ 5
by

Bahaya Kesehatan Jika Keseringan Marah


Emosi merupakan sebuah perasaan saat sedang merasa kesal. Ketika meluapkan / mengeluarkan emosi kepada sesuatu atau seseorang, maka terjadilah marah. Setiap orang pasti pernah merasa emosi atau marah-marah karena berbagai faktor. Tetapi cara emosional juga berbeda-beda, ada orang yang sanggup menahan dan kemudian hanya menangis. Ada pula memaki dan berteriak-teriak, bahkan ada yang sangat mudah sekali meluapkannya atau sering marah-marah. 

Ketika marah menjadi kebiasaan atau dilakukan sangat sering, hal ini dapat membahayakan kesehatan. Bahaya yang pertama jika terlalu mudah marah adalah memicu tekanan darah tinggi. Kontrol emosi dan marah menjadi sangat penting untuk dilakukan, karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan stroke atau sakit jantung. 

Kemudian rasa cemas dan gelisah akan mudah muncul ketika sering marah. Keadaan ini dapat menimbulkan depresi, bahkan stres. Situasi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh sebab stres dapat memicu munculnya penyakit. Selanjutnya berlebihan marah akan membuat otot menegang lebih lama dan tekanan darah meningkat, keadaan ini menimbulkan sakit kepala.

Sistem tubuh dapat berhenti seketika saat marah besar, apabila kejadian ini terlalu sering, maka dapat menggangu sistem-sistem lain seperti gangguan sistem pencernaan dan imun (kekebalan tubuh). Gangguan pada sistem pencernaan yang biasanya terjadi yaitu mual, perut terasa tertekan atau sakit perut. Bahaya terakhir dari seringnya marah adalah tubuh menjadi sering sakit. Hal ini disebabkan karena terganggungnya sistem tubuh termasuk sistem imun.

Sumber:
Arinda Veratamala, Hati-hati Bahaya Memendam Emosi, https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/bahaya-memendam-emosi/, (diakses 6 September 2017)

Gil, Waspada Dampak Mematikan Akibat Sering Marah-Marah, https://www.vemale.com/kesehatan/22240-waspada-dampak-mematikan-akibat-sering-marah-marah.html, (diakses 24 Mei 2013)

Rizqi Adnamazida, Ini Bahaya Suka Marah-Marah Bagi Kesehatan, https://www.merdeka.com/sehat/ini-bahaya-suka-marah-marah-bagi-kesehatan.html, (diakses 15 Oktober 2013)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment