Manfaat Kesehatan Dari Buah Pepaya | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Dari Buah Pepaya
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Dari Buah Pepaya





Buah yang satu ini tak hanya enak, tapi juga cukup mudah mendapatkannya. Rasanya yang manis dan nikmat, menjadikan buah ini terlihat paling sering dikonsumsi. Bahkan ketika belum matang pun sudah bisa dikonsumsi, semisal dijadikan rujak. Walau harganya tidaklah mahal bahkan bisa dibilang cukup murah tetapi manfaat buah pepaya bagi kesehatan ternyata cukup besar. Dalam buah pepaya terkandung protein, serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, mineral magnesium, kalium, kalsium, dan karbohidrat.

Terkandung pula senyawa flanoid, betakaroten, lycopene, enzim proteolitik, dan enzim papain. Pepaya memiliki pula sifat antiinflamasi serta antioksidan yang sangat bermanfaat mengatasi efek negatif radikal bebas, mencegah perkembangan bakteri, tumor, dan menangkal peradangan. Pepaya juga ampuh dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi masalah sulitnya buang air besar (sembelit). Pada pepaya terkandung enzim proteolitik dan serat yang efektif guna membersihkan, melancarkan dan merawat saluran pencernaan.

Enzim proteolitik diketahui pula mampu membakar lemak dalam tubuh. Hal ini yang membuat pepaya disebut bermanfaat menurunkan berat badan dan sebagai penangkal darah tinggi atau hipertensi. Jadi jika ada tanda-tanda berpenyakit darah tinggi, ada baiknya lebih sering mengkonsumsi buah pepaya. Kemudian dari kandungan kalsium dan sifatnya yang antiinflamasi, pepaya efektif guna menangkal, mengatasi radang pada persendian serta menjaga kesehatan tulang. 

Manfaat selanjutnya dari buah pepaya adalah bagus untuk kesehatan kulit, yang berasal dari vitamin E dan enzim papainnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya, maka kulit dapat menjadi lebih halus juga kencang. Enzim papain ini sanggup mengangkat sel kulit mati, lemak / minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Buah pepaya dapat pula berfungsi untuk menjaga kesehatan mata yang berasal dari kandungan vitamin A. Sedangkan vitamin C pada pepaya bermanfaat dalam menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan melindungi dari infeksi.

Referensi:
Doddy Irawan, 6 Khasiat Menakjubkan Usai Anda Konsumsi Pepaya, https://www.liputan6.com/health/read/3451336/6-khasiat-menakjubkan-usai-anda-konsumsi-pepaya, (diakses 14 April 2018)
Intan Ungaling Dian, Mengonsumi Pepaya Setiap Hari Raih 5 Manfaat Ini, http://wartakota.tribunnews.com/2018/07/11/mengonsumi-pepaya-setiap-hari-raih-5-manfaat-ini, (diakses 11 Juli 2018)
Irma Suryani, Manfaat Mengejutkan Buah Pepaya yang Harus Diketahui, https://www.dream.co.id/fresh/manfaat-mengejutkan-buah-pepaya-yang-harus-diketahui-161010v.html, (diakses 10 Oktober 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment