Manfaat Kesehatan Buah Pisang | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Buah Pisang
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Buah Pisang

“Selain sebagai salah satu jenis buah yang populer dan rasanya nikmat, ternyata pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.”

Buah yang satu ini terbilang cukup istimewa sebab saat mengkonsumsinya bisa dengan berbagai cara seperti dibuat jus, dimakan langsung, digoreng, dikukus atau dijadikan pelengkap menu lainnya. Rasanya yang lezat serta harganya yang terjangkau menjadikan pisang termasuk salah satu buah populer dan paling banyak dikonsumsi. Tak terkecuali anak-anak, banyak orang-orang dewasa bahkan kalangan yang telah berumur pun gemar mengkonsumsi buah pisang, apalagi jenis pisang ambon

Buah pisang mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh seperti vitamin A, B kompleks, vitamin C, E, karbohidrat, kalsium, mineral kalium, magnesium, fosfor, mangan, dan zat besi. Pisang juga mengandung serat, jadi apabila rutin mengkonsumsi buah pisang maka bisa dipastikan kesehatan pencernaan akan terjaga. Masalah pada pencernaan seperti sembelit, diare atau sakit maag juga bisa diredakan dengan buah pisang. 

Kandungan vitamin B6 buah pisang berfungsi membantu produksi sel-sel tubuh danmenstabilkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kombinasi antara vitamin B6 serta kandungan zat besinya ampuh menyembuhkan dan mencegah anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah. 

Sedangkan karbohidrat dan nutrisinya sangat bagus sebagai penyuplai energi serta menjaga stamina tubuh. Kemudian dari kandungan magnesiumnya, buah pisang bermanfaat guna meningkatkan mood (menjadikan suasana hati nyaman), menghindari kecemasan, depresi dan membantu tubuh mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. 

Buah pisang memiliki sifat antioksidan dari vitamin C yang terkandung di dalamnya. Hal ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C dan menangkal efek negatif radikal bebas. Pisang juga efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi sehingga kesehatan jantung akan terjaga bila rutin mengkonsumsi buah pisang.  

Dari kandungan zat mangannya, pisang bermanfaat  menjaga kesehatan tulang. Manfaat kesehatan terakhir dari buah pisang adalah bagus untuk perawatan kulit. Pisang yang kaya akan kalium ampuh mencegah penuaan dini, efektif melembabkan kulit, menghaluskan, dan mengencangkan kulit.

Sumber :

Ammirullah , Rasakan 7 Manfaat Ini dengan Makan 2 Buah Pisang Sehari, http://aceh.tribunnews.com/2018/05/06/rasakan-7-manfaat-ini-dengan-makan-2-buah-pisang-sehari, (diakses 6 Mei 2018)

Febrianti Diah Kusumaningrum, 20 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dari Pisang Ambon Hingga Pisang Hijau, https://www.merdeka.com/sehat/manfaat-pisang-kln.html, (diakses 24 Mei 2018)

Tera Tri Yusepi, 10 Manfaat Ajaib dari Konsumsi 3 Pisang Setiap Hari, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2657442/10-manfaat-ajaib-dari-konsumsi-3-pisang-setiap-hari, (diakses 22 November 2016)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment