Manfaat Kesehatan Sesekali Mandi Air Hangat | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Sesekali Mandi Air Hangat
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Sesekali Mandi Air Hangat


Penelitian telah menyebutkan bahwa mandi dengan air biasa atau dengan air hangat sama-sama memberikan manfaat kesehatan. Tetapi kali ini yang akan dibahas adalah kebaikan dari mandi air hangat. Perlu diperhatikan, air hangat yang digunakan jangan terlalu panas, usahakan suhunya berkisar 440 Celcius. Mandi air hangat yang baik cukup sesekali saja semisal ketika kondisi tubuh sedang “menurun” atau terasa tidak enak. Sedang waktu terbaik mandi air hangat yakni saat sore menjelang malam. 

Manfaat pertama dari mandi air hangat adalah sebagai relaksasi. Ketika tubuh pegal-pegal, terasa tidak enak, berat, otot menegang atau kelelahan beraktivitas / bekerja, saat inilah waktu yang tepat mandi menggunakan air hangat. Air hangat sanggup mengendurkan otot-otot yang tegang dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga tubuh terasa lebih nyaman setelah mandi air hangat. Selain itu, dengan mandi air hangat juga dapat “mengundang” rasa kantuk, membuat tubuh ingin beristirahat, tidur menjadi nyenyak, dan bisa mengatasi masalah insomnia (sulit tidur). 

Kemudian mandi air hangat bermanfaat pula untuk meredakan demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Menjalani berbagai kegiatan, kemudian keadaan cuaca atau lingkungan yang tidak bersahabat, sangat memungkinkan tubuh terserang demam, pilek dan sakit kepala. Jika timbul gejala-gejala masalah kesehatan tersebut, cobalah mandi dengan air hangat maka tubuh akan terasa segar kembali.   

Mandi dengan air hangat juga efektif dalam meringankan stres atau perasaan tertekan. Aktivitas tinggi dengan berbagai tantangan dan persoalan yang menguras tenaga / pikiran, dapat membuat perasaan menjadi tegang, tertekan bahkan stres. Jika mengalami keadaan seperti ini, ada baiknya mandilah dengan air hangat pada sore menjelang malam. Air hangat memiliki efek menenangkan tubuh yang ampuh meredakan rasa tertekan atau stres. 

Manfaat terakhir dari mandi air hangat yaitu sangat baik guna membersihkan kotoran pada kulit. Suhu yang agak tinggi dari air hangat akan membuka pori-pori kulit sehingga pembersihan kotoran saat mandi bisa lebih mendalam. Kulit menjadi lebih bersih dan telihat cerah. Tetapi jangan terlalu sering mandi air hangat karena malah bisa membuat kulit menjadi kering, cukup sesekali saja mandi air hangat.

Referensi:
Febrianti Diah Kusumaningrum, Mandi dengan air dingin vs air hangat, mana yang lebih sehat?

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment