Efek Negatif Minum Alkohol Secara Berlebihan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Efek Negatif Minum Alkohol Secara Berlebihan
1/ 5
by

Efek Negatif Minum Alkohol Secara Berlebihan



<![endif]-->
“Berbicara meminum minum keras atau beralkohol, tak akan terlepas dari dampak yang ditimbulkan.” 

Penelitian telah menyebutkan, dalam kadar yang pas atau tidak berlebihan, maka minuman beralkohol dapat memberikan dampak positif seperti menenangkan pikiran, tidur lebih nyenyak dan menurunkan resiko penyakit jantung. Kebalikannya jika berlebihan atau terlalu banyak dalam mengkonsumsi alkohol maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan tak jarang efek terlalu berlebihan alkohol memicu efek negatif secara sosial seperti perkelahian, keributan dan tindakan kriminal.   

Ukuran berlebihan dalam mengkonsumsi minuman keras itu adalah sampai kehilangan kesadaran atau sering sekali mengkonsumsinya menjadi seperti kebiasaan meminumnya tetapi dengan jumlah yang banyak (kadarnya sangat tinggi), di luar ambang batas toleransi tubuh. Keadaan yang pas minum minuman beralkohol adalah sekedarnya saja tidak perlu sampai kehilangan kesadaran atau cukup 2 - 3 kali seminggu. Jika berlebihan meminum minuman keras dapat memicu munculnya masalah perut atau gangguan pada sistem pencernaan. Karena dalam jangka panjang, jumlah alkohol yang banyak akan merusak jaringan / sel-sel di saluran pencernaan. 

            Efek lain mengkonsumsi minuman beralkohol adalah meningkatnya tekanan darah. Apabila meminum alkoholnya tidak berlebihan maka tekanan darah yang meningkat sifatnya hanya sementara. Tetapi jika meminum alkoholnya berlebihan dan terlalu sering, maka dalam jangka panjang akan terjadi hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Kemudian minum menimuman keras berlebih juga dapat menyebabkan masalah pada otak, bahkan bisa merusak otak. Alkohol berlebihan menimbulkan gangguan sel-sel pada otak, merusak lebih dari satu bagian otak, mempengaruhi sistem saraf, perilaku, termasuk kemampuan belajar dan mengingat.           

Selanjutnya organ hati bisa sakit, terluka atau membengkak apabila mengkonsumsi alkohol berlebihan. Hal ini disebabkan hati menjadi bekerja sangat keras apabila jumlah alkohol yang masuk kadarnya tinggi / jumlahnya banyak. Osteoporosis atau kerapuhan tulang juga akan terjadi, karena alkohol dapat menghambat penyerapan kalsium pembentukan tulang, menurunkan massa tulang dan menguras cadangan kalsium yang dimiliki tubuh di dalam tulang. Lalu timbul pula masalah di organ paru-paru jika minum  alkohol berlebihan atau meminum secara tidak wajar. Karena jumlah alkohol banyak (kadar alkohol tinggi) yang masuk ke dalam tubuh bisa merusak sel-sel pada paru, akibatnya memicu infeksi paru-paru.

Referensi:
Ajeng Quamila, 7 Bahaya Menenggak Banyak Alkohol Dalam Waktu Singkat, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pesta-miras-bahaya-mengonsumsi-banyak-alkohol/, (diakses 5 September 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment