Manfaat Kesehatan Terong Belanda | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Terong Belanda
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Terong Belanda



Rasanya yang unik, perpaduan asam, manis juga segar menjadikan terong belanda sering dibuat jus, sirup, rujak atau dipadu dengan bahan makanan lain seperti koktail dan salad. Selain sebagai bahan konsumsi, terong belanda ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan obat herbal (alami), penunjang kesehatan tubuh atau mengatasi beberapa gangguan kesehatan. 

Kebaikan terong belanda bagi kesehatan tubuh tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung didalamnya, bahkan kadar gizinya disebut setara dengan tomat. Tercatat pada terong belanda terkandung vitamin A, B kompleks, C, E, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, serat, asam klorogenik, fenol, niasin, tiamin, riboflavin, dan zat atosianin juga flavonoid sebagai sumber antioksidan, antiinflamasi serta antimikroba. Kemudian terkandung pula mineral penting bagi tubuh seperti potassium, fosfor, magnesium dan zat besi.

Manfaat kesehatan pertama dari terong belanda bagi tubuh adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta stamina, yang berasal dari kandungan gizi dan vitaminnya. Manfaat berikutnya yaitu efektif guna menjaga kesehatan darah dan mencegah diabetes. Asam klorogenik pada terong belanda sanggup menurunkan kadar gula yang berlebih dalam darah. Sedangkan seratnya dapat mengatasi kolesterol jahat dalam darah. Serat berguna upula ntuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan seperti perut kembung dan susah buang air besar atau sembelit.

Terong belanda juga sangat baik untuk memelihara jantung. Zat potassium pada terong belanda efektif guna menurunkan kadar natrium yang tinggi dalam darah. Kadar natrium yang tinggi pada darah merupakan penyebab hipertensi (tekanan darah tinggi) pemicu penyakit  jantung. Jadi apabila kadar natrium dalam darah seimbang atau tidak tinggi maka kesehatan jantung akan terjaga. 

Khasiat selanjutnya adalah bagus guna merawat kesehatan kulit. Kulit menjadi terlihat bercahaya, halus dan sehat, jika rutin mengkonsumsi jus terong belanda. Sebab kandungan vitamin A, C, E pada terong belanda efektif menjaga kesegaran lapisan kulit. Sedangkan kandungan antosianin dan flavonoid yang sebagai antioksidan akan mencegah penuaan dini serta melindungi sel kulit dari kerusakan atau serangan bakteri / kuman efek udara kotor radikal bebas. 

Antioksidan ini juga ampuh mencegah kanker dan menangkal timbulnya ganguan-gangguan kesehatan akibat radikal bebas. Manfaat kesehatan terakhir dari terong belanda yaitu sanggup menjaga kesehatan mata. Pada terong belanda terkandung vitamin A yang sangat bagus untuk memelihara kinerja dan kemampuan mata. 

Catatan:
Sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi terong belanda. Mengkonsumsi terong belanda yang terlalu banyak dapat membuat kadar antioksidan di dalam tubuh menjadi berlebih dan tidak seimbang. Antioksidan memang diperlukan tubuh, tetapi mesti dalam kadar yang wajar (seimbang). Sedangkan jika kadar antioksidan berlebih, malah dapat memicu masalah kesehatan seperti gangguan kinerja tubuh dan mempercepat penuaan dini (keriput).

Sumber:
Ayu Setyowati, Asal-usul Terong Belanda, Sebenarnya Dari Mana?, https://life.trubus.id/baca/23282/asal-usul-terong-belanda-sebenarnya-dari-mana, (diakses 6 November 2018) 

Edinayanti, Namanya Terong Belanda Tapi Gizinya Setara Tomat, http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/12/12/namanya-terong-belanda-tapi-gizinya-setara-tomat, (diakses 12 Desember 2015)

Novita Joseph, 7 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan yang Sayang Untuk Dilewatkan, https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-terong-belanda-untuk-kesehatan/, (diakses 6 September 2017)


Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment