Khasiat Daun Kenikir | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Daun Kenikir
1/ 5
by

Khasiat Daun Kenikir


“Cara untuk mendapatkan khasiat daun kenikir, bisa dengan memakannya langsung, meminum air rebusannya atau digunakan sebagai masker guna merawat kulit.”

Tanaman perdu ini banyak dijumpai di Indonesia khususnya Pulau Jawa dan Sumatera sebab habitatnya memang di daerah beriklim tropis. Tanaman yang disebut juga ulam raja ini, bernama latin Cosmos Caudatus. Aromanya yang khas dan rasanya sedikit pahit, membuat bagian daunnya sering dikonsumsi sebagai sayur mayur, dibuat pecel dan urap atau lalapan. Selain sebagai bahan makanan, daun kenikir bisa juga digunakan untuk obat herbal karena kandungan nutrisi, gizi, mineral, vitamin dan beragam zatnya sangat baik guna menjaga kesehatan tubuh.

Pada daun kenikir, terkandung mineral magnesium, kalsium, vitamin A, C, E, senyawa flavonoid, terpenoid, saponin, koniferil alkohol, polifenol, kuersetin, dan sebagainya. Kandungan vitamin khususnya vitamin A dan E pada daun kenikir sangat bermanfaat membantu memperkuat stamina dan kekebalan (sistem imun) tubuh. Tubuh akan terlindungi dari serangan penyakit dan tidak mudah sakit, bila rutin mengkonsumsi daun kenikir.

Sedangkan vitamin C pada daun kenikir dapat berfungsi memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh,mengatasi sakit sariawan, menghindari bibir pecah-pecah, merawat kesehatan kulit, mencegah kulit kering, menyegarkan kulit, dan mengatasi flek hitam. Dari kandungan mineral magnesium serta kalsiumnya yang cukup tinggi, daun kenikir sangat baik dalam merawat kesehatan tulang dan menguatkan tulang.

Penelitian menyebutkan daun kenikir diketahui pula sanggup mencegah penyakit kanker sebab efektif meredam tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan daun kenikir sering digunakan untuk terapi mengobati kanker. Daun kenikir memiliki sifat antikanker juga antioksidan dari kandungan senyawa flavonoid dan terpenoid ampuh melawan sel kanker serta melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas. Dari kandungan senyawa kuersetinnya, daun kenikir bermanfaat dalam  meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak.

Manfaat selanjutnya dari daun kenikir adalah ampuh untuk mengatasi bau mulut dan membersihkan area lidah jg liur dari bakteri. Koniferi alkohol yang terkandung pada daun kenikir dapat membunuh bakteri / kuman dan parasit penyebab bau mulut yang masuk lewat makanan. Kemudian manfaat kesehatan lainnya daun kenikir adalah memelihara kesehatan darah (obat cuci darah / pembersih darah), mengobati lemah jantung, mencegah penuaan dini, mengobati gondongan, dan merawat kesehatan mata.

Catatan: Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi sangat disarankan untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daun kenikir. Sebab jika terlalu banyak mengkonsumsinya kadang bisa timbul efek negatfi seperti alergi ringan, gatal-gatal, mata yang berair, dan ruam kulit. Tetapi efek negatif itu tidak melulu akan terjadi.
Sumber:

Dewasasri M Wardani, Kenikir, Kaya Antioksidan, http://www.satuharapan.com/read-detail/read/kenikir-kaya-antioksidan, (diakses 10 Februari 2016)

Novia Pratiwi, Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuhmu, https://www.idntimes.com/health/fitness/novia-pratiwi-1/5-manfaat-daun-kenikir-c1c2/full, (diakses 4 September 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment