Apa Kebaikan Minum Kopi Bagi Tubuh? | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Apa Kebaikan Minum Kopi Bagi Tubuh?
1/ 5
by

Apa Kebaikan Minum Kopi Bagi Tubuh?

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung kafein dan memiliki banyak penggemar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa minum kopi dapat memberi manfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam kadar yang pas (sewajarnya). Tetapi jika berlebihan akan tidak baik bagi tubuh sebab kadang memicu efek negatif seperti susah tidur, jantung berdebar, perut kembung, mual, dan sakit perut. 

Ada baiknya jika sering minum kopi atau agak berlebihan mengkonsumsinya, maka usahakan lebih rajin minum air putih. Supaya terjaga keseimbangan dan kadar kopi tidak sampai kebanyakan dalam tubuh. Batas aman minum kopi yaitu rasanya jangan terlalu manis, cukup 2 atau 3 cangkir per hari, tidak boleh lebih dari itu. 

Kafein dalam kopi ampuh berguna meningkatkan stamina dan merangsang tubuh lebih berenergi. Itu sebabnya setelah minum kopi, maka tubuh akan terasa bersemangat dan kewaspadaan menjadi meningkat. Kondisi ini membuat banyak orang meminum kopi untuk “teman” saat bekerja, guna mendukung aktivitasnya, mengatasi rasa lemas, dan menahan kantuk. 

Kandungan kafein pada kopi juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Pikiran akan terpacu berkonsentrasi dan lebih fokus setelah minum kopi. Selain itu, kopi memiliki sifat antioksidan. Penelitian menyebutkan kopi mengandung zat dicaffeoylquini acid yang merupakan salah satu jenis zat antioksidan. Antioksidan pada kopi ini efektif mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah infeksi sel tumor, menekan risiko kerusakan jaringan / sel, dan organ-organ tubuh akibat efek negatif radikal bebas. 

Manfaat kopi selanjutnya adalah menenangkan pikiran dan meringankan keadaan saat stres atau tertekan. Rasa dan aroma kopi yang khas lagi nikmat efektif menjadikan perasaan lebih bahagia juga menenangkan hati. Saat minum kopi atau menghirup aroma kopi akan memicu tubuh untuk memproduksi zat / hormon serotonin. Hormon serotonin ini berfungsi meningkatkan mood  (perasaan bahagia). Kondisi jiwa lebih tenang dan senang setelah minum kopi, sangat baik untuk meredakan kondisi yang tertekan atau stres.

nbsp;        Kopi juga bagus untuk membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Kopi mampu memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi. Tubuh yang lebih energik atau peningkatan energi tersebut, sangat baik dalam optimalisasi proses metabolisme. Kemampuan kopi yang bisa memecah lemak dan menjadikannya energi tersebut dapat pula digunakan sebagai solusi menurunkan berat badan. Tidak mengherankan kalau kopi disebut juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Walau kopi cukup banyak memberi kebaikan bagi kesehatan tubuh tetapi perlu diingat, konsumsilah kopi sewajarnya saja, tidak boleh berlebihan, cukup 2 gelas per hari, dan tidak terlalu manis.

Sumber:
Arif Setyabudi Santoso, 5 Manfaat Minum Kopi Bagi Tubuh Kamu, Bisa Cegah Kanker dan Bikin Bahagia, http://www.tribunnews.com/kesehatan/2018/12/11/5-manfaat-minum-kopi-bagi-tubuh-kamu-bisa-cegah-kanker-dan-bikin-bahagia, (diakses 11 Desember 2018)


Yoshi Nathania, 9 Manfaat Minum Kopi yang Mujarab, Beruntunglah Jika Menyukainya!, https://www.idntimes.com/food/dining-guide/yoshi/manfaat-minum-kopi-yang-mujarab/full, (diakses 15 September 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment