Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh
1/ 5
by

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh


“Secara umum, kalsium merupakan jenis mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang, menjalankan dan melancarkan berbagai kinerja organ atau fungsi tubuh.”

           Fungsi utama dari kalsium adalah menjaga kesehatan / kekuatan tulang dan gigi. Tetapi  masih ada beberapa fungsi lain dari kalsium bagi tubuh. Dari anak-anak sampai orang tua akan terus membutuhkan suplai kalsium dengan dosis yang berbeda-beda sesuai umur. Saat asupan kalsium tidak terpenuhi maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang atau gigi. Jika kondisi tersebut terus terjadi dapat menyebabkan kerapuhan tulang dan gangguan kekuatan gigi.


Keadaan kekurangan asupan kalsium juga memicu munculnya gangguan pada otot, masalah sistem saraf, insomnia, tubuh jadi rentan terserang virus, tekanan darah tidak stabil, dan pembekuan darah. Standar dosis asupan kalsium yang baik per hari sesuai usia yaitu, anak-anak usia 1-3 tahun sekitar 500 miligram (mg) kalsium, usia 4-8 tahun sekitar 800 mg, remaja usia 9-18 tahun sekitar 1.300 mg, orang dewasa yang berusia antara 19-50 tahun sekitar 1.000 mg, usia 51 tahun atau lebih sekitar 1.200 mg kalsium setiap harinya.



Bagi anak-anak pemenuhan asupan / kebutuhan kalsium sangat penting guna meningkatkan kepadatan tulang, kekuatan gigi dan mengoptimalkan proses perkembangan badan. Pada anak-anak, kalsium juga berfungsi sebagai penjaga optimalisasi proses metabolisme tubuh, membantu perkembangan sistem saraf, meningkatkan kecerdasan anak, dan memperkuat sistem imun (ketahanan tubuh). Saat anak-anak terpenuhi asupan kalsiumnya dan daya tahan tubuh baik maka anak-anak tidak mudah terserang virus atau penyakit.

Sedangkan bagi orang dewasa, fungsi kalsium begitu penting guna memelihara kesehatan tulang, memelihara otot, sistem saraf, mencegah penyusutan tulang, dan menjaga kekuatan gigi. Kemudian kalsium bermanfaat pula menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, menangkal serangan virus, dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Mineral kalsium juga penting bagi ibu hamil sebagai pendukung tumbuh kembang yang baik pada janin / bayi.

Mengenai sumber-sumber kalsium diperoleh dari asupan makanan dan minuman yang sehari-hari dikonsumsi. Beberapa sumber kalsium yaitu susu, yogurt, keju, es krim, puding, sereal, telur, ikan tongkol, salmon, kacang kedelai, selada, tahu, tempe, sayuran hijau seperti sawi, bayam dan brokoli. Saat ini, pemenuhan kebutuhan akan kalsium bisa diperoleh melalui suplemen. Tetapi pemenuhan kebutuhan kalsium menggunakan suplemen mesti dikonsumsi sesuai dosis atau anjuran dokter. Sebab jika dikonsumsi dalam dosis tinggi (berlebihan), dapat menyebabkan diare dan sakit perut.

Referensi:
Rizqi Adnamazida, 5 Fungsi Utama Kalsium, Selain Menyehatkan Tulang, https://www.merdeka.com/sehat/5-fungsi-utama-kalsium-selain-menyehatkan-tulang.html, (diakses 5 Oktober 2013)

Roro Dyiah, Kalsium : Manfaat – Sumber Makanan – Akibat Kelebihan dan Kekurangan Kalsium, https://halosehat.com/gizi-nutrisi/mineral/kalsium, (diakses 17 Mei 2016)

Yuli, Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui!, https://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-kalsium-bagi-tubuh-yang-wajib-diketahui.html, (diakses 12 November 2013)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment