Beberapa Kebiasaan Sederhana Yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Kebiasaan Sederhana Yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
1/ 5
by

Beberapa Kebiasaan Sederhana Yang Dapat Menjaga Kesehatan Jantung


“Jantung yang terjaga kesehatannya merupakan dambaan banyak orang, sebab jantung adalah organ yang begitu berarti bagi tubuh. “

Apabila jantung terganggu atau bermasalah kesehatannya maka dampaknya akan buruk bagi tubuh. Jantung merupakan organ yang fungsinya sangat penting seperti sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh, menyuplai oksigen, menyuplai nutrisi yang dibawa darah, membantu proses metabolisme, membantu proses pembuangan limbah / zat racun, dan sebagainya. Pembahasan kali ini mengenai kebiasaan-kebiasaan sederhana yang ternyata baik bagi jantung. Kebiasaan sederhana pertama yang baik bagi kesehatan jantung adalah suka bergerak atau seseorang yang memiliki sifat rajin.

Contoh implementasi dari rajin atau gemar bergerak adalah senang berolahraga, semangat beraktivitas, bekerja, suka berjalan kaki, dan lebih memilih naik tangga daripada naik lift. Seseorang yang memiliki kegemaran bergerak akan terhindar dari risiko kegemukan serta bertumpuknya lemak. Dampak positifnya sirkulasi aliran darah berjalan lancar, tekanan darah stabil / terkendali, dan jantung pun tetap sehat. Selanjutnya kebiasaan sering melakukan peregangan-peregangan ternyata juga bisa menopang kesehatan jantung. Peregangan-peregangan itu membuat tubuh bugar, mengoptimalkan otot-otot yang tadinya kaku dan memperlancar aliran darah. Kondisi ini sangat baik untuk jantung.

Kebiasaan sederhana ketiga yaitu gemar makan sayur mayur, buah-buahan dan ikan. Kebiasaan ini secara otomatis telah melakukan penerapan pola hidup mengkonsumsi makanan sehat, kaya vitamin, serat, rendah lemak, dan rendah kolesterol. Sayur dan buah dengan seratnya sangat bagus untuk mengontrol kolesterol, mencegah kolesterol tinggi, mengatasi tekanan darah tinggi, dan mencegah kadar gula tinggi pada darah. Risiko terjadinya gangguan pada jantung pun dapat dihindari. Sedang ikan mengandung lemak tidak jenuh dan omega 3 yang memiliki efek melindungi jantung, menangkal randang pada jantung serta mencegah pembekuan darah.

Terbiasa tak meminum alkohol atau andai minum alkohol cukup sekedar saja, lalu terbiasa tidak merokok dan menghindari paparan asap merokok juga ditengarai merupakan kebiasaan sedderhana yang bisa menjaga kesehatan jantung. Kadar alkohol yang terlalu tinggi dan paparan asap rokok itu dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan jantung berdebar (berdetak cepat), serta meningkatkan kolesterol, naiknya tekanan darah, merusak sel / jaringan organ tubuh seperti jantung dan paru-paru. Apabila kesemuanya itu bisa dihindari, tentu menyehatkan tubuh dan baik bagi organ jantung.

Kebiasaan sederhana yang kelima yaitu gemar minum air putih antara 5 sampai 8 gelas perhari. Kebiasaan yang satu ini, sadar atau tidak sadar telah memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan (air putih). Kecukupan cairan air putih sangat bermanfaat terciptanya kondisi peredaran darah yang lancar, sebab air putih dapat membantu mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah. Keadaan peredaran darah yang baik akan efektif guna menjaga kesehatan jantung.   

Kebiasaan terakhir yang dapat menyehatkan jantung adalah menyukai keadaan rileks dan menyenangkan seperti senang tersenyum, beristirahat / tidur cukup, tidak suka membiarkan kondisi banyak pikiran, stres atau perasaan tertekan terlalu lama-lama. Jiwa yang tenang, rileks, menyenangkan, cukup istirahat, dan terbebas dari kondisi stres (tertekan) akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk organ jantung.  

Sumber:
Febrianti Diah Kusumaningrum, Ikuti 10 Kebiasaan Baik Ini Untuk Raih Jantung Sehat, https://www.merdeka.com/sehat/ikuti-10-kebiasaan-baik-ini-untuk-raih-jantung-sehat.html, (diakses 11 Februari 2014)

Nabilla Nufianty Putri, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Baik untuk Jantung, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4022125/5-kebiasaan-sehari-hari-yang-ternyata-baik-untuk-jantung, (diakses 15 Mei 2018)

Wisnubrata, 9 Kebiasaan yang Wajib Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Jantung, https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/19/095809320/9-kebiasaan-yang-wajib-diterapkan-untuk-menjaga-kesehatan-jantung?page=all, (diakses 19 November 2017)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment