Cara Alami Yang Ampuh Atasi Gusi Membengkak | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Cara Alami Yang Ampuh Atasi Gusi Membengkak
1/ 5
by

Cara Alami Yang Ampuh Atasi Gusi Membengkak


“Keadaan gusi membengkak atau meradang disebabkan adanya infeksi dari virus, bakteri, jamur karena kurangnya menjaga kebersihan mulut.”

            Menumpuknya plak, sisa makanan sehingga kebersihan mulut memburuk, membuat bakteri berkembang, terjadilah infeksi gusi, dan gusi pun meradang. Kondisi yang disebut juga gingivitis ini begitu mengganggu, gusi terasa ngilu, membengkak, bahkan terkadang sampai mengeluarkan darah. Berikut akan dijelaskan beberapa cara alami yang ampuh dan mudah diterapkan untuk mengatasi gusi membengkak.
 
           Cara pertama yaitu berkumur dengan air garam. Air garam mengandung Sodium yang dapat membasmi bakteri, virus, jamur pemicu infeksi pada gusi. Tips kedua adalah kompres dingin dengan es batu. Tips alami ini efektif mengurangi peradangan gusi dan meredakan rasa sakit. Caranya cukup mudah, bungkus es batu dengan kain lembut, lalu kompres / tempelkan pada area gusi yang membengkak.
            Kemudian berkumurlah atau minum air putih hangat sesering mungkin. Fungsinya untuk lebih memacu produksi air liur yang sanggup melemahkan bakteri-bakteri. Lalu ketika gusi membengkak, hindarilah dahulu kebiasaan merokok atau minum alkohol. Merokok atau minum alkohol dapat membuat situasi tambah parah, menambah rasa sakit dan bengkak sulit reda.
 
            Cara alami selanjutnya yang ampuh redakan gusi meradang adalah mengoleskan minyak cengkeh. Minyak cengkeh merupakan antiseptik alami yang akan ampuh mengatasi bakteri-bakteri pemicu gusi membengkak. Kemudian berturut-turut cara lainnya yang alami dan juga efektif mengatasi gusi membengkak yaitu berkumur dengan air jeruk nipis atau lemon, air jahe, kunyah daun jambu biji, oleskan belimbing wuluh, dan tempelkan bawang merah atau bawang putih.


Sumber :
Fithria Pratiwi, 15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Agar Cepat Kempes, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4612891/15-cara-mengobati-gusi-bengkak-agar-cepat-kempes, (diakses 5 Juli 2019)
 
Lily Turangan, 6 Penyebab Gusi Bengkak, https://lifestyle.kompas.com/read/2017/02/20/090500823/6.penyebab.gusi.bengkak?page=all, (diakses 20 Februari 2017)
 
Sarrah Ulfah, Gusi Bengkak Saat Hamil: Gejala, Cara Mencegah, dan Obat Alaminya, https://www.popmama.com/pregnancy/first-trimester/sarrah-ulfah/gusi-bengkak-saat-hamil-gejala-cara-mencegah-dan-obat-alaminya/full, (diakses 21 Juni 2019)











Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment