Efek Negatif Minum Kopi Berlebihan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Efek Negatif Minum Kopi Berlebihan
1/ 5
by

Efek Negatif Minum Kopi Berlebihan

“Perlu diketahui bahwa kopi merupakan minuman dengan kadar kafein yang terbilang cukup tinggi.”

            Banyak orang yang gemar minum kopi sebab kopi memiliki rasa yang khas lagi nikmat. Minum kopi dengan jumlah yang wajar atau secukupnya, tidak memberi efek negatif, malah bermanfaat bagi tubuh seperti meningkatkan fokus, kewaspadaan, menjaga konsentrasi, dan memicu semangat. Tetapi jika kopi diminum secara berlebihan atau terlalu banyak maka dapat menimbulkan masalah kesehatan.  

          Penelitian menyebutkan kadar minum kopi yang baik untuk tubuh adalah cukup segelas atau maksimal 2 gelas per hari, tidak boleh lebih dari itu. Efek negatif yang pertama jika berlebihan atau kebanyakan minum kopi yaitu memicu munculnya rasa cemas dan gelisah. Bila kadar kafeinnya tinggi akan menimbulkan perasaan cemas yang begitu tinggi. Perasan cemas / gelisah tidak bagus jika terjadi terlalu sering sebab dalam jangka panjang bisa mengganggu mental.  

            Minum kopi kebanyakan mengakibatkan pula jantung berdebar-debar. Detak jantung lebih cepat dari biasanya ketika kadar kafein yang terlalu tinggi masuk ke dalam tubuh. Selain kafein, ada pula nikotin dan alkohol yang bisa membuat jantung berdebar-debar. Imbas dari kondisi tersebut memungkinkan terjadi sakit kepala atau bahkan pingsan. Jika saat minum kopi timbul sakit kepala (pusing), ada baiknya jangan diteruskan minum kopinya. Ganti dengan air putih sementara waktu, lalu tariklah nafas panjang sesering mungkin supaya tubuh menjadi lebih tenang dan kondisi normal kembali.  

           Gangguan kesehatan selanjutnya bila minum kopi berlebihan yaitu muncul masalah di sistem pencernaan. Senyawa pada kopi merangsang sekresi asam lambung di sel-sel perut. Jika kadar kopi yang masuk terlalu banyak, maka dapat menimbulkan nyeri / sakit perut, mual, dan diare. Dampak buruk berikutnya karena kebanyakan minum kopi adalah memicu susah tidur atau insomnia. Sulit tidur merupakan suatu keadaan yang tidak mengenakkan karena membuat penampilan terlihat kusam, stamina gampang lelah dan tubuh kurang bergairah ketika siang hari.  

            Meningkatnya tekanan darah merupakan efek negatif yang terakhir akibat minum kopi berlebihan. Sudah disebutkan kadar kafein yang terlalu tinggi dapat membuat perasaan jadi gelisah / tidak tenang, denyut jantung berdetak cepat dan insomnia bisa sering terjadi. Kondisi ini akan berimbas naiknya tekanan darah. Jika tekanan darah terus menerus tinggi, maka dalam jangka panjang memicu serangan penyakit darah tinggi. Suatu keadaan yang tidak baik, oleh karena itu sangat disarankan jangan terlalu banyak meminum kopi.




Sumber: 
Ariska Puspita Anggraini, Meski Nikmat, Waspadai 7 Efek Samping Minum Kopi Berlebihan, https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/05/193354120/meski-nikmat-waspadai-7-efek-samping-minum-kopi-berlebihan, (diakses 5 Januari 2019)
 
Novita Joseph, 6 Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Minum Kopi, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tanda-terlalu-banyak-minum-kopi/, (diakses 1 Maret 2017)
 
Theresia Evelyn, Bahaya Kopi Jika Diminum Berlebihan, https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-kopi-berlebihan/, (diakses 6 September 2016)





Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment