Beberapa Manfaat Kesehatan Mendaki Gunung | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Beberapa Manfaat Kesehatan Mendaki Gunung
1/ 5
by

Beberapa Manfaat Kesehatan Mendaki Gunung

“Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menantang dan menyenangkan sambil menikmati pemandangan alam yang indah serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh.“

 Karena itulah kegiatan mendaki gunung ini memiliki banyak penggemar khususnya di kalangan anak muda. Begitu banyak orang yang pernah mendaki gunung, bahkan ada yang menjadikannya hobi sehingga sering berangkat naik gunung atau berkemah. Jalur-jalur pendakian biasanya ramai ketika akhir minggu atau hari libur. Berikut akan dibahas beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari kegiatan mendaki gunung.

Manfaat pertama dari mendaki gunung adalah menjaga penampilan tetap ideal. Kegiatan mendaki gunung sanggup membakar lemak, menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar proporsional. Kondisi yang tentunya sangat baik guna membentuk tubuh idaman. Tidak mengherankan kalau para penggemar mendaki gunung itu postur tubuhnya terlihat bagus. 

Kemudian mendaki gunung bisa bermanfaat dalam merawat kesehatan darah dan mengoptimalkan aliran darah. Hal ini dikarenakan kegiatan mendaki gunung efektif mengatasi kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah dan menstabilkan tekanan darah. Lalu mendaki gunung ternyata berfungsi pula sebagai terapi penyegaran mental dan pikiran. Saat suasana hati sedang gelisah, tegang atau bahkan stres karena kegiatan harian yang banyak tekanan serta masalah, maka mendaki gunung bisa dijadikan solusi untuk mengatasi ketegangan tersebut. 

Dengan mendaki gunung, pikiran dapat terbebas dari tekanan dan memiliki waktu yang lebih guna mencari jawaban-jawaban terbaik untuk menyelesaikan berbagai masalah pemicu stres atau kegelisahan. Ketegangan pun berkurang, keadaan mental menjadi segar kembali, sehingga kegelisahan atau stres bisa diredam. Karena bermanfaat bagi kesegaran mental dan pikiran, maka tidak mengherankan mendaki gunung disebutkan pula berguna untuk menjaga kesehatan otak, memelihara kinerja otak dan merawat fungsi memori.

Kebaikan berikutnya dari kegiatan mendaki gunung yaitu menguatkan tubuh. Aktivitas mendaki gunung itu perlu banyak bergerak sehingga otomatis melatih otot dan tulang. Dampak positifnya adalah otot-otot menjadi terlatih, kinerja otot terawat, kesehatan tulang terjaga, dan risiko kerapuhan tulang bisa dicegah. Keadaan tulang dan otot yang baik akan menunjang kebugaran serta kekuatan tubuh. Tubuh yang kuat dan bugar berguna sekali bagi ketahanan stamina juga sistem imun tubuh. 

Mendaki gunung juga bermanfaat bagi percepatan proses pemulihan setelah baru sembuh dari sakit. Selain menguatkan tubuh, kegiatan mendaki gunung itu memicu timbulnya rasa tenang dan bahagia. Kondisi tubuh yang kuat, ditambah perasaan tenang dan bahagia akan sangat baik bagi seseorang yang dalam fase pemulihan kesembuhan.

Sumber : 
Nisa Mutia Sari, 5 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Tubuh, Daya Ingat Lebih Kuat, https://hot.liputan6.com/read/4021133/5-manfaat-mendaki-gunung-untuk-kesehatan-tubuh-daya-ingat-lebih-kuat, (diakses 25 Juli 2019)

Sri Juliati, Naik Gunung Itu Memang Capek, tapi Sebanding dengan Manfaatnya untuk Kesehatan! Ini Buktinya, https://travel.tribunnews.com/2017/07/13/naik-gunung-itu-memang-capek-tapi-sebanding-dengan-manfaatnya-untuk-kesehatan-ini-buktinya, (diakses 13 Juli 2017)


Yulia Nor Annisa, 5 Manfaat Kesehatan di Balik Lelahnya Mendaki Gunung, https://www.idntimes.com/health/fitness/yulia-nor-annisa/5-manfaat-kesehatan-di-balik-lelahnya-mendaki-gunung-exp-c1c2/full, (diakses 21 Juli 2019)
 

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment