Keistimewaan Olahraga Renang | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Keistimewaan Olahraga Renang
1/ 5
by

Keistimewaan Olahraga Renang



              Sebagai salah satu jenis olahraga tentu renang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak hanya itu, renang juga efektif guna menjaga kesehatan psikis atau mental. Sebab renang bisa dijadikan terapi relaksasi dan termasuk kegiatan yang menyenangkan, menenangkan suasana hati / kejiwaan. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan psikis, renang ternyata memiliki kelebihan dibanding jenis olahraga lainnya. Dari keunggulan tersebut menjadikan renang dianggap olahraga yang istimewa.
 
             Salah satu kelebihan renang dibanding olahraga lain yaitu renang bisa dilakukan siapa saja. Orang tua, muda, yang berpostur tinggi, yang fisiknya tak terlalu kuat atau fisiknya sedang saja, bisa ikut berolahraga renang. Berbeda dengan olahraga seperti sepakbola atau basket yang masih memandang tentang postur tubuh dan kekuatan      

            Kelebihan olahraga renang selanjutnya adalah tidak hanya menguatkan otot di satu bagian tubuh tertentu saja, tetapi renang bisa menguatkan / membentuk otot di banyak bagian tubuh. Sebab saat berenang, banyak bagian tubuh yang bergerak, sehingga otot di berbagai bagian tubuh menjadi terlatih dan terbentuk. Lalu risiko terjadinya cidera pada olahraga renang itu sangatlah kecil. Hal ini dikarenakan saat berenang tidak ada kontak fisik atau gerakan-gerakan yang akan memicu terkilir.

             Kemudian apabila dilihat dari sisi manfaatnya bagi kesehatan tubuh, renang sangat bagus guna menguatkan fisik, sistem pernafasan, menjaga stamina, mengontrol berat badan, merawat penampilan, membuat kulit kencang, segar, nampak awet muda, membentuk tubuh proporsional, dan membantu proses pertumbuhan tinggi badan. Renang juga baik dalam mengoptimalkan peredaran darah, memelihara kesehatan darah, organ paru, jantung, dan mencegah diabetes juga hipertensi.

            Keistimewaan berikutnya dari olahraga renang yaitu efektif guna menjaga kesehatan psikis. Penelitian telah menyebutkan berenang dapat dijadikan sarana terapi (solusi) untuk meredakan keadaan stres, mental yang sedang tertekan atau hati gelisah. Saat tubuh masuk ke dalam air akan menghasilkan efek relaksasi, menenangkan pikiran serta memberikan kesegaran “tersendiri” bagi kondisi kejiwaan. Hal inilah mengapa disebutkan renang berguna bagi kesehatan psikis.



Sumber:
Kezia Calesta, 7 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda, https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2017/12921/7-manfaat-berenang-bagi-kesehatan-tubuh-anda, (diakses 10 Oktober 2017)

Leli Hesti, 8 Manfaat Renang Bagi Kesehatan, https://www.kompasiana.com/lelihesti/551f9877a333111741b65aeb/8-manfaat-renang-bagi-kesehatan, (diakses 7 Mei 2013


Uyung Pramudiarja, 5 Alasan untuk Menyebut Renang Sebagai Olahraga Terbaik, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3168587/5-alasan-untuk-menyebut-renang-sebagai-olahraga-terbaik, (diakses 19 Maret 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment