Hindari Beberapa Kebiasaan Ini Supaya Perut Tidak Buncit | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Hindari Beberapa Kebiasaan Ini Supaya Perut Tidak Buncit
1/ 5
by

Hindari Beberapa Kebiasaan Ini Supaya Perut Tidak Buncit


              Keadaan perut yang membuncit, tentu akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Masalah perut bunci terjadi karena beberapa kebiasaan (perilaku) diri sendiri. Oleh sebab itu perilaku yang memicu perut buncit mesti diketahui, supaya bisa dihindari. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kebiasaan yang memicu perut jadi buncit.

            Salah satu kebiasaan yang akan memicu perut jadi buncit adalah kekurangan tidur (istirahat) atau kebanyakan begadang. Kurang istirahat itu dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan pencernaan, mendorong untuk mengemil guna mendapatkan karbohidrat sebagai suplai energi. Gangguan pada sistem metabolisme dan pencernaan akan membuat tubuh kesulitan BAB. Kombinasi terlalu banyak nyemil dan masalah BAB yang tidak lancar menyebabkan perut lambat laun membesar lalu membuncit.


             Kemudian malas olahraga atau kurang beraktivitas juga bisa menyebabkan perut jadi buncit. Perilaku malas atau kurang gerak, hanya duduk-duduk akan melambatkan pergerakan saluran pencernaan, otot perut tak terlatih, membuat penumpukan lemak, dan beban tubuh terfokus pada perut. Efek negatifnya area perut terasa menebal dan membuncit. Kebiasaan berikutnya yang memicu perut buncit yaitu perilaku sering makan larut malam. Asupan makanan, timbunan lemak tidak terbakar secara efisien saat makan terlalu malam. Imbasnya memicu kegemukan juga perut membuncit. 

              Selanjutnya adalah membiarkan keadaan stres / tertekan berlama-lama. Padahal semestinya saat kondisi stres atau tertekan, bagusnya diatasi secepatnya. Kondisi stres yang dibiarkan dapat meningkatkan hormon stres (kortisol). Hormon kortisol yang tinggi akan mendorong peningkatkan nafsu makan. Nafsu makan tinggi memicu penimbunan lemak dan akhirnya perut bisa jadi membuncit. 

              Lalu sering kebanyakan minum alkohol juga membuat perut membuncit. Alkohol mengandung gula dan kalori yang tinggi. Apabila alkohol sering diminum dalam jumlah banyak akan terjadi penumpukan lemak pada tubuh, termasuk di area perut. Kebiasaan terakhir yang memicu perut jadi buncit adalah kebanyakan mengkonsumsi makanan / minuman berlemak dan manis-manis. Sering mengkonsumsi daging-dagingan dan jajanan yang manis-manis memicu penumpukan lemak di perut. Oleh sebab itu usahakanlah hindarilah terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan manis-manis, agar perut tidak menjadi buncit.
  

Sumber :
Kezia Calesta, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Perut Kamu Buncit!, https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2018/14996/5-kebiasaan-ini-ternyata-bikin-perut-kamu-buncit, (diakses 26 November 2018)

Ratmia Dewi, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Membuat Perut Buncit, https://www.msn.com/id-id/gayahidup/hidup-pintar/5-kebiasaan-sehari-hari-yang-dapat-membuat-perut-buncit/ar-BBVkyaZ, (diakses 28 Maret 2019)

Silfa Humairah Utami, 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit, Marah Saat Makan Juga Lho, https://www.suara.com/health/2019/09/06/190000/5-kebiasaan-ini-bisa-sebabkan-perut-buncit-marah-saat-makan-juga-lho, (diakses 6 September 2019)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment