Manfaat Kesehatan Buah Goji Berry | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Manfaat Kesehatan Buah Goji Berry
1/ 5
by

Manfaat Kesehatan Buah Goji Berry


“Goji Berry memang masih agak terasa asing bagi kita, namun dalam dunia kesehatan, buah bernama latin Lycium barbarum ini begitu dikenal. “

           Sekarang, buah goji berry sudah mudah didapat di pasar, supermarket atau penjual online. Berasal dari Tiongkok, buah yang satu ini sering disebut superfruit karena kemampuannya yang besar dalam memberi kebaikan bagi tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan berbagai nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. 
 
           Beberapa kandungan goji berry yaitu vitamin A, B, kaya vitamin C, vitamin E, serat, zat besi, kalsium, dan asam amino. Goji berry juga mengandung zat antioksidan seperti senyawa lycopene, flavonoid dan betakaroten. Salah satu manfaat goji berry yang paling utama adalah menjaga (merawat) kesehatan kulit. Khasiat ini karena buah goji berry kaya vitamin C, E, mineral, asam amino, dan mengandung antioksidan yang cukup kuat. 
 
          Caranya dengan minum teh / air rebusannya atau haluskan beberapa buah goji berry kemudian jadikan masker. Fungsinya mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit, melembabkan, menghaluskan kulit, mengangkat sel kulit mati, percepatan penyembuhan luka, dan menyamarkan bekas luka atau jerawat. Kulit jadi lebih segar dan awet muda.

         Kandungan antioksidan juga bermanfaat melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas, mengurangi zat racun dalam tubuh, mengatasi kerusakan jaringan kulit, dan mencegah munculnya sel kanker / tumor. Kelebihan ini menjadikan goji berry digunakan sebagai bahan produk-produk kosmetik, pelembab kulit dan body lotion. 
 
         Kemudian dari kandungan seratnya, goji berry ampuh menjaga kesehatan darah, menstabilkan kadar gula darah, mencegah diabetes, mengontrol kolesterol, dan menangkal plak di pembuluh darah. Kondisi sistem peredaran darah yang baik akan sangat berguna bagi kesehatan jantung. Kandungan serat juga bermanfaat membentuk penampilan tubuh yang proporsional, membakar lemak, memelihara pencernaan, membantu program diet (menurunkan berat badan), dan mencegah kegemukan.
 
          Manfaat selanjutnya adalah sebagai penyuplai energi. Buah goji berry yang kaya vitamin, nutrisi dan mengandung mineral dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Daya tahan tubuh (sistem imun) akan optimal, tubuh jadi lebih kuat, bertenaga, tidak mudah lelah, dan tidak mudah sakit. Khasiat terakhir dari goji berry yaitu bagus untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A didalam goji berry efektif memelihara fungsi dan kinerja organ penglihatan yang optimal. 

Sumber: 

Arinda Veratamala, 5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan: Baik untuk Diet dan Gula Darah, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-goji-berry-untuk-kesehatan/, (diakses 22 Agustus 2017)

Desyanaputri, 10 Manfaat Goji Berry Bagi Kesehatan Tubuh, https://manfaat.co.id/manfaat-goji-berry, (diakses 6 Agustus 2016)

Wulan Kurnia Putri, 5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Tingkatkan Energi hingga Bantu Turunkan Berat Badan, https://wow.tribunnews.com/2018/08/01/5-manfaat-goji-berry-untuk-kesehatan-tingkatkan-energi-hingga-bantu-turunkan-berat-badan?page=all, (diakses 1 Agustus 2018)




Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment