Tepung Mata Beras Hitam | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Tepung Mata Beras Hitam
1/ 5
by

Tepung Mata Beras Hitam


“Tepung mata beras diproduksi dari bagian beras yang disebut embrio atau mata beras.” 

 
      Bentuknya kecil berada di ujung dari bagian daging beras. Ketika proses pinggilingan beras (padi), bagian mata beras tersebut biasanya terlepas atau tertinggal. Padahal bagian ini memiliki kandungan gizi, protein yang tinggi, bahkan paling tinggi dari bagian-bagian lainnya. Oleh sebab itu bagian mata beras ini diolah / diproduksi kembali dengan sebutan tepung mata beras. Cara mengkonsumsinya tinggal diseduh dengan air hangat, kemudian diminum, mirip seperti sereal.

      Beberapa jenis tepung mata beras yaitu tepung mata beras original, tepung mata beras merah dan tepung mata beras hitam. Saat ini produk-produk tersebut sudah banyak tersedia di pasar atau toko-toko online. Dari berbagai jenis tepung mata beras, yang termahal adalah tepung mata beras hitam. Hal ini tidak mengherankan karena jenis beras hitam memiliki kandungan gizi paling tinggi dibanding jenis beras lain.

      Beras hitam kaya kandungan antioksidan yang berasal dari zat antosianin. Zat antosianin pada beras hitam termasuk sangat tinggi, lebih tinggi dari beras merah dan buah-buahan. Kelebihan ini begitu bermanfaat bagi tubuh guna mengatasi kerusakan sel (jaringan) efek radikal bebas dan melindungi tubuh dari serangan mikroba, tumor atau kanker.

      Kemudian kadar gula serta kalorinya rendah tetapi karbohidratnya cukup dan serat juga proteinnya tinggi. Keistimewaan ini, membuat beras hitam bagus untuk asupan harian, tidak menyebabkan kadar gula meningkat dan membuat rasa kenyang lebih lama. Ini sebabnya beras hitam disebut efektif menjaga berat badan tetap proporsional dan menyukseskan program diet. Lalu kaya vitamin dan mineral penting yang baik bagi tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin E, kemudian mengandung pula mineral seperti zinc, magnesium, zat besi, dan fosfor.

     Berikut ini berbagai manfaat kesehatan tepung mata beras hitam yaitu menjaga sistem imun / ketahanan tubuh, memelihara kekuatan tubuh, tubuh jadi tidak mudah lelah, bagus untuk gigi, tulang, kesehatan hati, kesehatan pencernaan, mengatasi gangguan-gangguan pada pencernaan, baik untuk kesehatan darah, melindungi jantung, mencegah penyakit jantung, mencegah asma, menurunkan kadar kolesterol, dan menstabilkan kadar gula darah.


Sumber :

Ajeng Quamila, 10 Manfaat Beras Hitam, “Beras Terlarang” dari Cina, https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/10-manfaat-kesehatan-beras-hitam/, (diakses 29 Januari 2017)



Soesanti Harini Hartono, Ketahui Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Rutin Konsumsi Beras Hitam, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/02/26/ketahui-apa-yang-terjadi-pada-tubuh-jika-rutin-konsumsi-beras-hitam, (diakses 26 Februari 2019)
 



Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment