Khasiat Teh Bunga Krisan | Holistu
Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Khasiat Teh Bunga Krisan
1/ 5
by

Khasiat Teh Bunga Krisan


Disebut juga Bunga Seruni, sering dijadikan hiasan dekorasi ruangan karena bentuknya yang indah, enak dipandang. Selain untuk penghias, bunga bernama ilmiah Chrysanthemum ini, sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Tiongkok. Cara memperoleh khasiat bunga krisan dengan mengkonsumsi air rebusannya atau dijadikan teh krisan. Saat ini sudah banyak pedagang, khususnya toko online yang menjual paket kemasan teh krisan. 
 
Manfaat kesehatan pertama dari bunga krisan adalah bagus untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan bunga krisan mengandung vitamin A. Vitamin A juga baik guna merawat kulit atau perawatan kecantikan. Teh krisan mengandung  pula kafein yang memiliki efek rileks / menenangkan perasaan. Sehingga mengkonsumsi teh bunga krisan akan berkhasiat meredakan hati yang sedang gelisah atau tertekan. Bunga krisan mengandung juga stimulan yang berguna untuk merangsang kewaspadaan serta menjaga kinerja otak dan sistem saraf agar tetap optimal. 

Dalam ekstrak teh krisan terdapat sifat antibakteri yang sangat bagus guna melindungi organ pencernaan dari gangguan bakteri atau kuman-kuman. Ini sebabnya disebutkan bunga krisan berkhasiat menjaga kesehatan pencernaan. Bunga krisan juga mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium. Jadi ekstrak teh krisan bisa bermanfaat bagi kekuatan tulang dan gigi. Berikutnya dari kandungan vitamin C-nya, bunga krisan sangat baik dalam menjaga ketahanan (sistem imun) tubuh, mencegah / meredakan flu dan sariawan. 

Khasiat terakhir bunga krisan yaitu bagus untuk kesehatan darah. Salah satu kandungan mineral pada bunga krisan adalah zat besi. Zat besi inilah yang menunjang kesehatan darah, membentuk sel darah merah. Sel darah merah dengan kondisi yang baik akan membantu memperlancar aliran darah, menurunkan kadar kolesterol, kesehatan jantung terjaga, dan mencegah penyakit jantung juga stroke. 



Referensi:

Andy Valentino, 14 Manfaat Teh Chrysanthemum (Krisan) Untuk Tubuh, https://www.brilio.net/creator/14-manfaat-teh-chrysanthemum-krisan-untuk-tubuh-1ae8fd.html#, (diakses 8 September 2018)

Marieska Harya Virdhani, Buktikan 7 Khasiat Teh Bunga Krisan, Atasi Stroke Hingga Masalah Kulit, https://www.jawapos.com/kesehatan/health-issues/19/03/2019/buktikan-7-khasiat-teh-bunga-krisan-atasi-stroke-hingga-masalah-kulit/, (diakses 19 Maret 2019)

Tyas Wening, Bunga Krisan Bisa Dijadikan Teh dan Punya Berbagai Manfaat, Apa Saja, ya?, https://bobo.grid.id/read/081635970/bunga-krisan-bisa-dijadikan-teh-dan-punya-berbagai-manfaat-apa-saja-ya?page=all, (diakses 13 Februari 2019)












Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment